Articles

Articles Stories Tips

Wedding Anniversary, Milestone Yang Patut Dirayakan Dengan Penuh Cinta

Jangan biarkan momentum perayaan pernikahan Anda berlalu begitu saja tanpa sesuatu yang berarti.

Setahun sekali, setiap pasangan yang sudah menikah akan melalui satu hari anniversary, yaitu perayaan hari pernikahan. Inilah momen merayakan kembali saat-saat keduanya memutuskan untuk berkomitmen menjalani hidup bersama. Ketika tahun demi tahun berlalu, apakah ingatan itu akan selalu sama?

Bisa jadi, tidak ada yang berbeda terhadap memori yang terjadi di hari penting itu. Semuanya serba bahagia dan menyenangkan. Kalau pun ada satu atau dua detail kecil yang tidak sesuai rencana, akan jadi kenangan yang selalu diceritakan lagi dan lagi dengan penuh sukacita.

Tapi tahun demi tahun berlalu dan hal-hal lain mengisi hidup Anda dan pasangan. Dari urusan karir, anak-anak (jika sudah ada) sampai rutinitas sehari-hari membuat cara Anda memaknai hubungan dengan pasangan menjadi berubah sedikit demi sedikit. Tidak lagi melihatnya sebagai yang utama sehingga tidak mendapat prioritas. Itulah sebabnya meskipun jadi hal yang penting, perayaan pernikahan pun lewat begitu saja.

Mengapa Perayaan Pernikahan Itu Penting?

Merayakan pernikahan tidak hanya untuk menyegarkan kembali ingatan tentang apa yang terjadi di hari pernikahan. Inilah saat untuk mengingat kembali apa yang membuat dua orang jatuh cinta dan membuat komitmen besar untuk menjalani sisa hidup bersama.

Saat anniversary, sungguh Anda akan merenungi tahun-tahun yang berjalan sejak hari pernikahan dan bagaimana kebersamaan itu telah membentuk kehidupan Anda dan pasangan. Mengingat masa lalu (tanpa harus terbelenggu) bisa menjadi faktor yang membantu untuk memahami kita hari ini. Apa yang sudah dicapai dan mana yang masih dalam perjalanan.

Jadi, manfaatkan momen perayaan pernikahan untuk menentukan kembali tujuan-tujuan hidup Anda bersama pasangan dan bagaimana meraihnya. Anda akan kembali diingatkan sesulit apa pun keadaannya, Anda dan pasangan akan selalu bersama-sama.

 

Milestone Pernikahan Yang (Dianggap) Penting

Sejumlah angka-angka pernikahan dianggap lebih penting dibanding angka yang lain. Tapi perlu diingat, semuanya terserah Anda untuk memaknai tahun demi tahun anniversary itu sendiri. Karena setiap pasangan mengalami hal-hal berbeda dalam timeline yang berbeda pula selama perjalanan pernikahan mereka.

Sepuluh tahun pertama pernikahan mendapat milestone-nya masing-masing. Bisa jadi karena ini adalah masa-masa yang disebut paling berat dalam pernikahan. Tidak hanya proses mengenali pasangan masih berjalan, tapi kedua belah pihak masih dalam tahap berusaha menerima kelebihan dan kekurangan pasangan.

Secara berturut-turut, perayaan milestone pernikahan adalah Kertas (tahun ke-1), Katun (tahun ke-2), Kulit (tahun ke-3), Linen (tahun ke-4), Kayu (tahun ke-5), Besi (tahun ke-6), Tembaga (tahun ke-7), Perunggu (tahun ke-8), Gerabah (tahun ke-9) dan Timah (tahun ke-10).

Setelah usia 10 tahun, milestone pernikahan dirayakan setiap 5 atau 10 tahun. Tapi tidak berarti Anda juga harus merayakannya tiap 5 tahun. Seperti disebutkan di atas, cara Anda memaknai anniversary pernikahan ada di tangan Anda sendiri.

Secara berturut-turut, perayaan milestone pernikahan setelah sepuluh tahun adalah Porselen (tahun ke-15 dan tahun ke-20), Perak (tahun ke-25), Mutiara (tahun ke-30), Ruby (tahun ke-40), Emas (tahun ke-50), Berlian (tahun ke-60), Safir Biru (tahun ke-65), Platinum (tahun ke-70), Kayu Oak (tahun ke-80), Anggur Wine (tahun ke-85) dan Batu (tahun ke-90).

Bagaimana Cara Anda Merayakan Wedding Anniversary?

Perayaan wedding anniversary beragam caranya. Tidak harus selalu dengan cara atau pun budget yang besar. Hal-hal yang kecil tetapi dipikirkan dengan detail dan penuh perhatian pun akan memberikan efek emosional yang tidak bisa diabaikan.  Ini dia beberapa alternatif cara merayakan perayaan pernikahan.

1. Dinner Berdua

Kalau Anda pasangan yang sibuk, makan malam yang istimewa hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja. Supaya tetap spesial, pilih tempat yang belum pernah dikunjungi tetapi Anda tahu menyediakan makanan dan pelayanan yang berkualitas. Kalau Anda punya budget lebih, bisa memilih restoran mahal yang menawarkan sesuatu yang lebih, misalnya pemandangan kota dari lantai 50 atau nuansa alam yang masih asli.

2. Seharian Bersama

Kesibukan masing-masing membuat Anda dan pasangan jarang menghabiskan waktu bersama? Bagaimana kalau saat anniversary Anda membuat satu hari khusus untuk bersama? Buat daftar kegiatan yang bisa dilakukan sepanjang hari, mulai dari sarapan sampai makan malam. Di antaranya bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang disukai bersama misalnya nonton film di bioskop, main boling, berenang, naik sepeda atau bahkan ke salon bersama.

3. Liburan Bersama

Menghabiskan liburan berdua saat anniversary bisa mengembalikan ‘rasa’ sebagai pasangan. Tidak hanya mengunjungi tempat-tempat yang indah dan menyenangkan tapi juga melakukan ‘journey’ itu sendiri yang bisa jadi tidak selalu sesuai rencana, termasuk di dalamnya ‘getting lost’ dan menemukan tempat baru yang tidak disangka-sangka. Pasti akan menghadirkan sparks alias percikan baru dalam hubungan yang mungkin sudah lama tidak muncul.

Memang membutuhkan dana yang lumayan tapi sebenarnya bisa disesuaikan dengan situasi keuangan Anda dan pasangan. Dari sekadar weekend getaway ke tempat yang tidak terlalu jauh sampai yang menyeberang pulau atau benua sekalipun. Ada pasangan-pasangan yang sudah menyiapkan rencana dan budget khusus untuk liburan di sekitar perayaan pernikahan mereka.

4. Memberikan Hadiah

Selain momen ulang tahun, saat wedding anniversary juga bisa jadi saat tepat untuk memberikan hadiah. Hadiah bisa disesuaikan dengan simbol jumlah tahun pernikahan. Misalnya di tahun pernikahan ke-3 yang bertema Kulit (leather), istri bisa memberikan dompet, sementara suami memberikan sepatu.

Kalau Anda sudah punya budget khusus untuk hadiah, tidak ada salahnya juga memberikan perhiasan berharga seperti cincin, kalung, gelang, anting atau bahkan satu set perhiasana sekaligus untuk momen-momen milestone yang lebih berkesan. Pemilihan perhiasan juga bisa menunjukkan seberapa besar Anda mengenali pasangan, misalnya apakah pasangan lebih menyukai gelang emas model terbaru atau klasik, lebih suka kalung emas putih atau model kalung emas dengan liontin mata batu mulia.

5. Melibatkan Keluarga

Kalau Anda sering merayakan wedding anniversary berdua saja dengan pasangan, maka tidak ada salahnya di satu waktu untuk merayakannya bersama dengan keluarga, baik itu yang inti saja seperti bersama anak-anak, atau keluarga yang lebih besar lagi seperti orangtua, kakak dan adik beserta keluarga kecil mereka masing-masing kalau sudah ada. Acara bisa hanya berupa menghabiskan quality time di rumah yang diisi dengan makan siang dan permainan yang membuat akrab, hingga yang lebih formal seperti makan malam bersama di restoran dengan dress code khusus.

Pada akhirnya, yang Anda butuhkan tidak selalu uang untuk bisa menghadirkan perayaan pernikahan yang berkesan dan penuh makna. Masih ada kreativitas yang akhirnya memberi nilai atau ‘value’ tersendiri ke dalam hubungan Anda dan pasangan. Dan jangan abaikan fakta penting bahwa sampai detik ini, Anda masih bersama pasangan dan bersedia untuk menghabiskan setahun ke depan bersama. Jadi, berikan arti lebih dalam ke dalam perayaan pernikahan Anda mulai dari sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *