Articles

Articles Tips

Membeli Cincin Tunangan atau Cincin Kawin Online, Kenapa Tidak?

Cincin kawin atau cincin tunangan bisa dibeli secara online. Perhatikan hal-hal penting ini supaya Anda merasa aman, nyaman dan terpuaskan.

Membeli barang sepenting cincin tunangan atau pernikahan secara online mungkin tidak terbayangkan oleh sebagian besar orang. Bisa jadi Anda termasuk salah satunya. Beragam alasannya, dari ukuran yang takut tidak sesuai sampai khawatir kualitas barang tidak sesuai harapan. Ada juga sebagian orang yang merasa perlu melihat atau menyentuh cincin langsung untuk bisa yakin dengan model atau efek yang diharapkan (untuk cincin berlian misalnya).

Namun sesungguhnya fenomena membeli cincin tunangan atau cincin kawin secara online ini sudah semakin marak dilakukan. Di Amerika Serikat, misalnya, orang-orang merasa cukup aman untuk berbelanja item penting ini secara online. Semua proses berlangsung secara virtual, baik memilih jenis dan model cincin kawin atau model cincin tunangan, menentukan ukuran sampai pengiriman cincin ke rumah. Pembeli bahkan boleh menukar cincin dalam waktu tertentu apabila yang dipilih pertama kurang memuaskan.

Tapi tentunya, pembelian ini tidak boleh dilakukan secara random. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya pengalaman berbelanja cincin yang akan dipakai seumur hidup ini tetap aman, nyaman dan sesuai ekspektasi. Apa saja yang harus diperhatikan kalau Anda memutuskan untuk membeli cincin tunangan atau cincin kawin secara online?

Menentukan Brand Terpercaya

Reputasi toko perhiasan menjadi hal paling krusial saat mereka memutuskan untuk menjual cincin secara online. Itulah kenapa sangat penting memilih brand yang terpercaya. Salah satu keuntungan berkembangnya dunia media sosial hari ini adalah betapa mudah berita tentang kualitas pelayanan brand terhadap customer menyebar, baik yang baik atau pun buruk. Jadi brand-brand pun berlomba-lomba untuk menyajikan pelayanan terbaik.

Masih belum yakin 100% untuk membeli cincin kawin atau cincin tunangan secara online? Sangat bisa dipahami. Untuk itulah sebagian brand menyediakan pelayanan yang bisa dibilang setengah online dan setengahnya lagi offline. Seperti yang dilakukan oleh rumah perhiasan Frank and co. yang memberikan Virtual Consultation lewat Zoom atau WhatsApp melalui perjanjian.

Jewellery Representative akan mengajak diskusi para calon mempelai untuk mengetahui kebutuhan, selera, kepribadian bahkan budget untuk bisa menemukan cincin kawin atau cincin tunangan yang sesuai. Berbagai alternatif model pun diperlihatkan lewat sesi video call. Saat pilihan sudah final, maka calon mempelai bisa mengambil sendiri cincin di gerai yang sudah disepakati bersama. Mudah, kan? Klik di sini kalau Anda tertarik untuk melakukan Virtual Consultation bersama Frank and co.

 

Menentukan Bahan dan Model Cincin Yang Sesuai

Tidak dapat dipungkiri, pilihan cincin tunangan atau cincin kawin begitu luas di pasaran. Ada orang-orang yang sudah tahu selera atau preferensi mereka terhadap cincin yang akan mereka beli, tapi tidak sedikit juga yang masih meraba-raba. Apakah harus memilih cincin emas putih atau cincin emas kuning? Akan memilih cincin tunangan solitaire bermata berlian atau batu mulia? Ingin desain yang klasik dan simple atau yang sophisticated?

Di sinilah kelebihan kaum milenial yang tidak bisa dipungkiri, menggali informasi secara mandiri. Begitu banyak informasi yang beredar di dunia digital sehingga tidak perlu bergantung kepada informasi yang ada di katalog brand. Dari kelebihan dan kekurangan logam satu dari yang lain, cara mengenali kualitas berlian atau batu mulia yang tinggi sampai review dari orang-orang yang sudah pernah membeli atau memakai. 

Pengetahuan dari berbagai sumber inilah yang bisa dijadikan modal untuk menentukan jenis logam dan model cincin yang akan dipilih, tanpa harus melihat atau menyentuh cincin secara langsung. Kalau Anda termasuk kaum milenial, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan ini.

 

Menentukan Ukuran Cincin Yang Tepat

Percaya atau tidak, ukuran jari Anda bisa berubah-ubah dalam satu hari. Di pagi hari, saat baru baru bangun dan belum beraktivitas, tangan cenderung ‘dingin’. Sementara di malam hari setelah sepanjang hari Anda berkegiatan, tangan cenderung menjadi ‘hangat’. Nah, di malam hari menjelang tidur inilah saat yang tepat untuk mengukur jari Anda.

1. Menggunakan Cincin Lama

Menentukan ukuran cincin yang tepat ada dua cara. Cara pertama yang lebih mudah adalah mengikuti ukuran cincin dari koleksi yang sudah Anda miliki dan sering dipakai hingga saat ini. Cincin juga harus nyaman dipakai dalam waktu lama, tidak mudah terlepas tetapi juga tidak sulit dilepaskan. Anda bisa menggunakan langsung cincin ini sebagai patokan atau juga mengukur bagian diameter dan sekelilingnya dengan seksama.

Sesudah itu, Anda bisa mencocokkan cincin tadi atau pun ukuran yang sudah didapat dengan chart ukuran cincin atau ring sizing chart yang bisa diunduh secara online. Chart ini adalah deretan lingkaran dengan ragam ukuran cincin yang real size alias ukuran sebenarnya dari yang terkecil sampai terbesar. Pilih yang paling sesuai dengan cincin lama Anda atau ukuran diameter dan lingkaran yang sudah didapat sebelumnya.

2. Menggunakan Pengukur Cincin

Cara kedua adalah dengan menggunakan ring sizer, yaitu satu set pengukur cincin yang terdiri dari replika cincin beragam ukuran dari yang terkecil sampai yang terbesar. Saking luasnya rentang ukuran cincin, jumlah cincin plastik ini mencapai 25 buah. Pastikan mengukur jari yang akan dipakaikan cincin (kiri atau kanan) karena seringkali jari yang sama di tangan kiri dan kanan bisa berbeda ukuran. 

Ring sizer juga bisa berbentuk menyerupai tali ukur yang punya lubang pengukur jari di bagian ujungnya. Bulatan ini bisa dimajumundurkan menyesuaikan dengan ukuran jari yang diukur. Angka yang tertera di tali saat ukuran jari pas di dalam lubang menjadi ukuran cincin Anda. Tidak ada salahnya mengukur berkali-kali untuk memastikan ukurannya tepat.

Info Yang Tidak Kalah Penting

– Saat memberi cincin tunangan, biasanya (meskipun tidak selalu) dilakukan dengan momen surprise sehingga Anda tidak bisa bisa menebak ukuran jari pasangan Anda. Tapi tenang ini bukan akhir dari segalanya. Anda bisa minta tolong sahabat pasangan Anda atau keluarga dekatnya untuk mencari tahu ukuran yang pas.

– Perlu juga diketahui kalau rentang ukuran cincin laki-laki yang paling umum adalah 8 sampai 14 dengan 9 sebagai ukuran rata-rata. Sementara untuk perempuan, rentang ukurannya adalah di angka 5 sampai 7 dengan angka 6 sebagai ukuran rata-rata.  

– Ada beberapa jari yang punya karakter lebih besar bagian sambungan sendi tengahnya (knuckle) dibanding bagian pangkal jari tempat cincin biasa disematkan. Jangan lupa mengukur kedua bagian dengan seksama dan memilih nomor atau ukuran yang berada di antaranya. Pastikan cincin bisa masuk bagian sendi tetapi juga tidak terlalu longgar di bagian pangkal agar tetap terlihat fixed.

– Tahukah Anda bahwa cincin dengan model band yang ukurannya lebar cenderung lebih pas di jari dibanding cincin dengan model band yang sempit? Jadi tidak ada salahnya memilih setengah ukuran lebih besar untuk cincin dengan band lebih lebar ini.

Pada titik ini, seharusnya Anda sudah tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan pembelian cincin kawin dan cincin tunangan secara online. Atau setidaknya mencoba metode Virtual Consultation lebih dahulu untuk kemudian melakukan pembelian secara langsung. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *