Articles

Articles Tips

Kenali Ciri-Ciri Berlian Asli Sebelum Memberikannya Ke Orang Tercinta

Ketika berlian sudah menjadi pilihan untuk hadiah buat orang tercinta, pastinya ingin memberikan yang terbaik, bukan? Sebelum memutuskan membeli, kenali ciri-ciri berlian asli untuk kepastian kualitasnya.

Berlian adalah pilihan istimewa untuk merayakan momen cinta di tahapan apa pun Anda berada. Dari yang baru memulai fase pertunangan, pernikahan, sampai perayaan pernikahan yang tentunya selalu diharapkan tanpa akhir, sampai maut memisahkan.

Kalau dua fase pertama berlian biasa hadir dalam bentuk cincin tunangan dan cincin pernikahan, maka fase perayaan pernikahan, pilihan perhiasan berlian bisa tak terbatas juga. Selain cincin, berlian sebagai simbol cinta bisa hadir dalam bentuk gelang, kalung berikut liontin sampai anting-antingnya. 

Ketika Anda sudah memutuskan berlian sebagai simbol cinta terpilih, maka mencari berlian yang tepat akan menjadi langkah selanjutnya. Berlian dengan kualitas seperti apakah yang akan Anda persembahkan kepada orang tercinta? Kenalilah ciri-ciri berlian asli dengan kualitas terbaik sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Berlian ditentukan kualitasnya mengikuti standar internasional dari GIA (Gemological Institute of America). Lembaga nirlaba independen ini berkecimpung dalam riset seputar berlian, mengedukasi para profesional berlian dan menentukan standar kualitas berlian. 

Nah, apa saja ukuran yang digunakan GIA dalam menentukan kualitas berlian. Biasa dikenal dengan istilah 4C, inilah empat hal mendasar pada berlian yang menentukan kualitas, nilai dan pasti harganya.

#1C : Cut

Ini adalah ciri berlian yang paling penting.  Cut menentukan keindahan dan bersinarnya berlian secara keseluruhan. Cut atau cara berlian dipotong menentukan bagaimana cahaya yang masuk ke dalam berlian akan direfleksikan kembali ke mata kita saat menatapnya. Dua buah berlian dengan kualitas yang sama tapi dipotong dengan cara berbeda akan membuat nilai dan harga jadi berbeda. 

#2C : Color

Percaya atau tidak, warna berlian yang terbaik adalah yang tanpa warna (colorless). Dalam standar GIA, berlian tanpa warna dengan nilai tertinggi ini ada di rentang tingkat D sampai F. Berlian dengan tingkat di bawah itu tetap bersinar tapi dengan tone warna yang lebih kuat. Tentu saja seseorang bisa memilih tone warna berlian sesuai seleranya, namun perlu dipahami ketika ia memilih berlian tanpa warna, itu artinya ia harus bersedia membayar lebih.

#3C : Clarity

Disebut dengan tingkat kejernihan berlian. Ini menyangkut seberapa kecil faktor kotoran (impurities) yang terkandung di dalamnya. Seperti kita tahu, proses terbentuknya berlian terjadi di dalam bumi. Panas dan tekanan membuat berlian memiliki semacam tanda lahir yaitu inclusion (di dalam berlian) dan blemishes (di permukaan berlian). 

GIA menerapkan skala kejernihan berlian 1 sampai 11, dimulai dari berlian tanpa cacat sedikit pun dan sangat langka yang disebut Internally Flawless (IF), Very Very Slighly Included (VVS1 dan VVS2), Very Slighly Included (VS1 dan VS2), demikian seterusnya sampai level Included (I1, I2 dan I3).

#4C : Carat

Karat adalah satuan untuk menentukan berat berlian. Satu karat adalah seperlima gram. Berat berlian dalam karat menentukan harga akhirnya. Berat berlian yang paling ideal adalah 1 karat. Yang penting untuk diingat di sini, berat berlian dan ukuran berlian adalah dua hal yang berbeda. Dua buah berlian dengan berat sama-sama 1 karat, bisa jadi punya ukuran berbeda. Tentunya, ukuran yang lebih besar punya nilai lebih tinggi.

 

Nah, sudah cukup memberi gambaran bagaimana berlian yang berkualitas? Sudah siap menentukan pilihan? Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitas saat membeli brand berlian terpercaya seperti Frank and co. Dikenal sebagai residence of F colour and VVS Clarity Diamond Jewellery, Frank and co menawarkan berlian berkualitas sesuai standar dari GIA. 

Apa pun perayaan momen cinta yang sedang jadi rencana Anda, kami siap menyediakan pilihan yang beragam. Kunjungi gerai terdekat kami untuk mendapatkan pengalaman seputar berlian yang tidak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *