Articles

Articles Tips

Cara Praktis Memilih Cincin Pernikahan

Bagaimana cara menentukan cincin pernikahan yang akan selamanya digunakan sebagai simbol pemersatu cinta Anda?

 

Dalam sebuah hubungan, banyak pilihan yang harus didiskusikan terlebih dahulu agar dapat mencapai kesepakatan yang selaras. Termasuk saat akan melangkah ke jenjang hubungan yang lebih tinggi, ikatan pernikahan. Salah satu yang menjadi bahan diskusi adalah pemilihan simbol ikatan cinta berupa lingkar cincin logam mulia yang menghiasi jari manis. Bagaimana cara menentukan cincin pernikahan yang akan selamanya digunakan sebagai simbol pemersatu cinta Anda? Banyak hal yang harus didiskusikan, mulai dari warna, bahan, batu yang akan digunakan, karatnya, dan lain-lain. 

Biasanya, perempuan akan lebih memilih cincin yang tipis dengan satu atau mungkin beberapa batu permata, sedangkan lelaki akan memilih cincin tebal yang polos. Diskusikan dengan pasanganmu desain dan warna apa yang ingin kalian gunakan, kedua elemen itu merupakan kunci dari mempertahankan keselarasan meskipun detil lainnya akan berbeda. Pastikan desain cincin Anda berdua tetap terlihat sebagai 1 gambaran yang sama walau ada perbedaan pada detilnya. 

Jika Anda dan pasangan memiliki selera dan kesibukan yang berbeda, menemukan titik tengah pilihan cincin pertunangan atau cincin pernikahan bisa menjadi tantangan. Maka, inilah beberapa hal yang harus Anda berdua pikirkan bersama saat menentukan lingkar logam mulia yang akan menghiasi jari manis Anda berdua.

1. Budget

Budget adalah hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan. Cincin pernikahan atau pun cincin pertunangan yang ada di toko perhiasan, memiliki ‘ruang’ harga yang lebar. Selain berat emas yang digunakan untuk membentuknya, harga selingkar cincin juga ditentukan oleh desain dan batu berharga yang menghiasinya dengan banyak ragamnya dengan harga yang beragam juga. Tapi tenang saja, Frank & co. memiliki ragam pilihan koleksi cincin tunangan emas kuning atau pun cincin tunangan emas putih yang berdesain bagus dengan harga yang variatif.

 

2. Desain

Ada banyak desain cincin pernikahan yang ditawarkan. Desain seperti apa yang Anda inginkan? Pertama sepakati dulu bersama pasangan, apakah Anda penyuka desain yang simple, atau berkarakter kuat? Cincin polos atau cincin berlian? Jika senang yang simple, masih ada pilihan lagi dalam soal desain, misalnya cincin yang pipih lebar atau yang bulat kecil. Ada juga pilihan yang mengkombinasi emas kuning dan emas putih, dengan penampilannya tetap simple sekaligus elegan. Jika Anda berdua penyuka desain-desain yang berkarakter kuat, maka pilihan desain yang bold, misalnya dengan detail ukiran atau detil temali (yang bermakna ikatan kuat) bisa menjadi pilihan.  Klik di sini untuk koleksi wedding ring dari Frank and co.

 

3. Logam

Logam apa yang kamu ingin gunakan? Platinum atau emas? Kalau ingin menggunakan logam mulia atau, tentukan dulu jenis warnanya, apakah emas putih (white gold), emas kuning (yellow gold) atau rose gold? Pemilihan jenis warna emas ini, selain soal selera sebaiknya disesuaikan juga dengan tone kulit Anda. Jika kulit Anda kuning langsat, Anda cocok mengenakan yellow gold, sementara yang berkulit kuning pucat akan cocok mengenakan white gold atau rose gold. 

Kadar emas cincin pernikahan juga perlu dipikirkan. Anda berdua juga musti mengenal apa arti kadar emas yang diinginkan. Ada pasangan yang menginginkan emas murni alias emas 24 karat sebagai simbol kemurnian cinta mereka, akan tetapi mereka tidak paham bahwa emas berkadar 24 karat ini relatif ‘lunak’, sehingga tidak bisa digunakan sebagai perhiasan. Biasanya, emas 22 karat atau 18 karat menjadi pilihan favorit bagi para pasangan. Emas 18 karat memiliki kadar emas dengan campuran 75% emas asli dan 25% logam lain. Emas 18 karat memiliki ketahanan lebih tinggi dibanding emas 24 karat karena tingkat kekerasannya yang tidak selunak emas 24 karat, sehingga aman digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

 

4. Berlian

Apakah Anda berdua sepakat memilih model cincin kawin berhiaskan berlian? Atau Anda menginginkan cincin berlian sementara pasangan Anda menginginkan cincin kawin polos? Atau malah sebaliknya? Di masa sekarang, cincin kawin tidak selamanya harus kembar identik, karena tersedia pilihan desain yang persis sama tetapi untuk yang salah satunya diberi ‘mahkota’ berlian. Pilihan berliannya pun beragam, mulai dari yang solitaire atau yang berderet. Pengukuran karat emas dan berlian pada cincin berlian tentunya berbeda di setiap desain dan akan memberikan pengaruh pada harga cincin pertunangan atau pun cincin pernikahan Anda. 

Secara berat, 1 karat berlian memiliki berat 0,20 gram berlian, satuan ini merupakan satuan untuk mengukur berlian, dan juga batu batu permata lainnya. Menemukan 1 berlian dengan karat yang besar merupakan hal yang sulit, maka harga 1 berlian  utuh berukuran 1 karat akan lebih mahal dibandingkan dengan 2 berlian yang masing-masing berukuran 0,5 karat, walaupun hasil karat akhirnya sama. Biasanya, spesifikasi ini akan diberi tahu saat mencoba, dan ditulis pada sertifikat laboratorium yang akan disertakan saat pembelian. 

Tak hanya melihat karat, Anda juga harus tahu bermacam potongan batu berlian saat akan membeli, apalagi kalau memilih cincin solitaire sebagai cincin pertunangan atau cincin pernikahan, karena berlian menjadi star of the show. Maka memilih potongan berlian yang tepat, akan memberikan karakter yang kuat pada cincin ikatan cinta Anda. 

Ada banyak pilihan bentuk berlian. Potongan yang paling popular adalah round cut. Biasanya, potongan berlian ini memiliki harga yang lebih mahal karena ketersediaan batu yang sedikit. Potongan ini dapat menghasilkan pantulan cahaya yang maksimal sehingga kilau terlihat cantik berbinar. 

Selain round cut, ada juga emerald cut yang  memberikan kesan vintage dan elegant, dan merupakan potongan favorit para Ratu Inggris. Emerald cut seperti juga  oval cut dan marquise cut akan memberi ilusi seakan jemari menjadi lentik dan panjang. Sehingga Anda yang berjari pendek dan gemuk, bisa memilih 3 bentuk berlian ini. Selain yang disebutkan di atas, masih ada bentuk radiant cut, marquise cut, pear cut dan  heart cut.

 

5. Ukiran

Nah, terakhir, tentukan pesan kecil yang ingin kalian selipkan di cincin. Pesan ini bisa Anda  ukirkan di bagian dalam cincin atau juga di permukaan luar cincin. Tentukan apa yang akan Anda berdua tuangkan, misalnya saling bertukar nama, inisial, tanggal pernikahan, atau bisa juga nama panggilan khusus antara Anda berdua. 

Untuk mempermudah dalam memilih, pergilah ke toko perhiasan terpercaya seperti Frank & co. yang selalu menyediakan model perhiasan emas terbaru. Apapun pilihan Anda berdua, sesuaikan dengan budget dan kegiatan sehari-hari kalian agar cincin kalian bisa menemani keseharian kalian selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *