Articles

Articles Stories

Alasan Ini Menjelaskan Mengapa Wedding Ring Penting Saat Pernikahan

Meski modelnya selalu berubah mengikuti jaman, tradisi, makna dan simbolisasi cincin kawin tetap penting dalam pernikahan.

Cincin kawin sudah sejak lama menjadi simbol hubungan antar manusia. Saat seseorang menemukan orang yang dinilai tepat untuk menjadi pasangan hidup, pernikahan pun menjadi fase berikut yang dijalani. Dan cincin kawin pun hadir menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Tapi cincin kawin bukan cuma penghias dan pelengkap. Kehadirannya membawa simbol dan makna yang tidak pernah lekang ditelan jaman. Alasan ini menjelaskan mengapa wedding ring penting saat pernikahan.

 

1. Lingkaran Simbol Tak Terbatas

Cincin dibuat dengan bentuk lingkaran. Mungkin sekilas ini hal yang remeh. Bisa jadi bentuk lingkaran dipilih supaya bisa dipakai di jari manusia. Tapi sebenarnya, bentuk lingkaran ini punya makna yang dalam.

Lingkaran adalah bentuk yang tidak punya awal dan tidak punya akhir, dikenal dengan konsep infinity alias tidak terbatas. Saat diterapkan dalam ikatan pernikahan, cincin kawin pun menjadi simbol dari cinta yang abadi.

Saat dua orang memutuskan untuk mengucapkan janji saat pernikahan, maka keduanya menyatakan persetujuan untuk saling mencintai dan saling menyayangi sampai akhir. Inilah mengapa wedding ring dengan bentuk lingkaran pun menjadi simbol yang sederhana namun penuh makna.

 

2. Berlian Memperdalam Makna

Masuknya berlian dalam cincin pernikahan tidak hanya menambah estetika keindahan semata. Ditempa selama jutaan tahun di perut bumi, berlian muncul sebagai adalah unsur alam paling keras yang ada di permukaan bumi.

Fenomena ini menjadikan berlian sebagai simbol untuk sesuatu yang keras, tahan lama, tidak mudah hancur meski ditempatkan dalam kondisi apa pun. Menjadi simbol yang sangat indah untuk menyambut komitmen pernikahan yang penuh dinamika dalam kesehariannya.

Setelah melalui proses pengasahan dan pemotongan oleh para diamantaire yang ahli, berlian bisa menjelma menjadi sesuatu yang begitu indah dan bernilai. Begitu pun pernikahan yang perlu dipelihara dengan segenap cinta dan kasih sayang sehingga melahirkan individu yang matang dan dewasa. Sungguh berlian membawa makna yang begitu dalam, kan?

 

3. Ragam Logam Yang Menunjukkan Karakter

Setiap pasangan punya karakter tertentu yang unik dan tidak bisa dibandingkan satu dengan lainnya. Dan ini bisa ditunjukkan oleh pilihan logam pada cincin nikah yang makin lama makin beragam.

Salah satunya adalah jenis logam yang digunakan. Logam emas putih dan kuning menjadi simbol ikatan yang paling tradisional. Emas kuning sering dimaknai sebagai kesetiaan, sementara emas putih adalah simbol bagi pertemanan yang abadi.

Buat Anda yang tidak selalu nyaman memakai logam emas, pilihan logam pada cincin bisa juga platinum. Atau kalau Anda punya jiwa yang romantis, rose gold bisa masuk jadi alternatif tambahan.

Dan satu hal yang membebaskan, tidak ada aturan resmi yang menyatakan cincin kawin harus sama persis antara pria dan wanita. Ini membuka ruang agar masing-masing bisa memiliki identitasnya sendiri dalam cincin pernikahan.

 

4. Ukiran Sesuai Keinginan

Engraving alias ukiran pada cincin adalah hal kecil yang turut memberi arti pada makna cinta itu sendiri. Ini membuat cincin jadi sangat personal. Tidak ada aturan khusus juga ukiran apa yang bisa Anda tambahkan pada wedding ring Anda dan pasangan.

Ukiran bisa berupa nama pasangan, kata-kata romantis yang menjadi pengingat cinta Anda berdua, nama panggilan sayang, sampai simbol atau lambang tertentu yang hanya Anda berdua yang tahu.

 

Pada akhirnya, tidak ada cincin kawin yang diciptakan serupa antara satu pasangan dengan pasangan lainnya. Hadirkan cincin kawin yang tepat untuk memberi makna yang unik dalam pernikahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *