Icon Diamonds

Warna

color

Warna berlian yang paling umum adalah kuning dan coklat. Berlian ini dinilai dari seberapa tidak warnanya. Semakin sedikit warnanya, semakin tinggi nilainya.

Warna berlian dinilai berdasarkan skala penilaian. Kebanyakan berlian memiliki sedikit warna kuning dan umumnya skala warna berlian didasarkan pada jumlah kuning yang ada dalam berlian. Sistem penilaian warna yang diterima secara luas di dunia dalam industri ini adalah skala yang dimulai dengan tingkat D (tanpa warna) dan berlanjut dengan peningkatan kehadiran warna, hingga tingkat Z. Bahkan sedikit perbedaan warna akan membuat perbedaan yang sangat besar dalam kualitas dan harga berlian.

Sangat sulit untuk melihat perbedaan warna di dalam berlian. Ini membutuhkan keterampilan tertentu, pencahayaan terkontrol, dan kondisi menonton yang pasti.

Clarity

Kejernihan berlian adalah deskripsi kemurnian internal karena proses pembuatannya.
Dengan kehadiran karakteristik yang lebih sedikit di dalam batu, berlian lebih langka dan memiliki nilai yang lebih tinggi.

Mengacu pada skala penilaian kejelasan yang diterapkan secara internasional, berlian diberi tingkat kejernihan yang berkisar dari Flawless (FL) hingga berlian dengan karakter yang lebih menonjol di dalam berlian (I3). Semua berlian dinilai secara sistematis dan diplot di bawah perbesaran 10X

Image Section 2

Potongan

Kebanyakan berlian dipotong menjadi bentuk bulat dengan 57/58 faset. Potongan yang sangat baik menentukan maksimalisasi dan keseimbangan berlian dari kecemerlangan, api, dan kilau berlian.

Image Section 3

Ini adalah karya seorang master cutter yang memungkinkan berlian dipotong sedemikian rupa sehingga memungkinkan jumlah cahaya maksimum yang dipantulkan melalui berlian. Potongan inilah yang memungkinkan berlian memanfaatkan cahaya dengan sebaik-baiknya.

Berat Carat

Carat adalah satuan pengukur berat standar untuk berlian dan batu permata lainnya. Namanya diambil dari biji carob. Karena benih kecil ini memiliki bobot yang cukup seragam, pedagang permata awal menggunakannya sebagai penyeimbang dalam timbangan keseimbangan mereka.

Carat metrik modern diadopsi oleh Amerika Serikat pada tahun 1913 dan negara lain segera setelahnya. Saat ini, satu Carat berlian memiliki berat yang sama persis di setiap bagian dunia.

Carat sama dengan 0,2 gram. Dalam perdagangan berlian, pecahan Carat disebut sebagai "poin" atau hanya sebagai pecahan. Berlian 50 poin memiliki berat 0,5 Carat , sedangkan berlian 1 Carat memiliki berat 100 poin.